Alat Musik Termahal Di Dunia

Dibuat dari bahan-bahan terbaik, hingga memiliki kenangan sarat makna membuat tidak sedikit alat musik dibanderol dengan harga yang fantastis. Terlebih, jika suara yang dihasilkan sangat merdu. Women’s Obsession kali ini akan membahas beberapa alat musik termahal di dunia.

 

Macdonald Stradivarius Viola

 

Menduduki posisi sebagai alat musik termahal di dunia, MacDonald Stradivarius Viola adalah sebuah biola yang dibuat Antonio Stradivari pada tahun 1719. Tidak main-main, alat musik ini dibanderol dengan harga US$45 juta atau setara dengan Rp643 miliar. Selain memiliki kualitas mumpuni dan mampu menghasilkan suara indah, biola ini berharga fantastis sebagai satu dari sepuluh biola buatan Stradivarius yang masih asli dan utuh yang tersisa di dunia. Biola langka nan legendaris ini bahkan selalu dimainkan Peter Schidlof, salah satu personel Amadeus Quartet, hingga tutup usia pada tahun 1987.

 

Duport Stradivarius Cello

 

Masih dibuat oleh orang yang sama, Antonio Stradivari, Duport Stradivarius Cello diciptakan pada tahun 1711. Nama cello termahal ini diambil dari sang pemilik, yakni Jean-Louis Duport. Termasuk jajaran alat musik termahal, cello ini dibanderol dengan harga US$20 juta atau setara dengan Rp286 miliar. Salah satu keunikan alat musik yang satu ini adalah adanya sebuah penyokan yang dipercaya berasal dari sepatu Napoleon Bonaparte.

 

Baca Juga:

Gems on the Wrist

Luncurkan ST-Z 220 dan ST-X 220

 

The Vieuxtemps Guarneri Violin

 

Untuk bisa memiliki biola buatan Luthier Bartolomeo Giuseppe Guarneri, biaya yang harus dikeluarkan sekitar US$16 juta atau setara Rp229 miliar. Salah satu ciri khas dari setiap alat musik buatan Guarneri adalah label khas berupa nomina sacra I.H.S. Keunikan lain adalah langkanya biola buatan Guarneri. Selain itu, beberapa musisi di dunia juga mengatakan bahwa biola ini memiliki kekhasan nada tersendiri. Tidak heran harga yang fantastis melekat pada alat musik satu ini.

 

Lady Blunt Stradivarius Violin

 

Lady Blunt merupakan biola Stradivarius yang dibuat pada tahun 1721. Tidak jauh berbeda dengan cello Duport Stradivarius, biola ini juga dinamai serupa dengan pemilik pertamanya, yakni Lady Anne Blunt. Dia adalah salah satu pendiri Inggris Crabbet Arabian Stud. Dengan sederet sejarah yang menyertai dan kualitasnya menghasilkan suara merdu, Lady Blunt Stradivarius Violin dihargai senilai US$15 juta atau setara Rp214 miliar. Selain itu, Lady Blunt adalah salah satu dari dua biola Stradivarius paling awet di dunia.

 

Paganini Stradivarius Cello

 

Masuk dalam jajaran alat musik termahal di dunia, Paganini Stradivarius Cello dibanderol dengan harga US$6 juta atau Rp85 miliar. Cello buatan Antonio Stradivari ini pernah dimiliki Nicolo Paganini. Dari mantan pemiliknya tersebutlah, nama Paganini disematkan. Selain itu, alat musik ini juga menjadi salah satu cello terbaik di dunia. Menggunakan bahan dari kayu terbaik dan desain yang sempurna merupakan alasan cello ini dihargai sangat tinggi.