Misteri Tamu Agung

Kembali menghibur para pencinta seni teater, Indonesia Kita bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation kali ini menghadirkan lakon berjudul ‘Tamu Agung’. Pertunjukan ke-36 ini ditulis dan disutradarai Agus Noor, dan diramaikan sederet pemeran ternama, seperti Butet Kartaredjasa, Cak Lontong, Marwoto, Akbar, Marsha Timothy, dan lain-lain.

 

Lakon ini menghadirkan cerita yang tidak hanya menghibur, tetapi juga menggambarkan situasi sosial dan politik yang terjadi. Tamu Agung mengisahkan tentang suatu kota yang mulanya tengah merayakan keberhasilan sang pemimpin daerah yang sukses menjabat selama dua periode. Di tengah perayaan tersebut, mereka dihebohkan dengan datangnya utusan dari pusat. Dia membawa kabar bahwa akan muncul seorang Tamu Agung tanpa memberitahukan siapa sosok sebenarnya, apakah laki-laki atau perempuan. Selain itu, tamu agung inilah yang nantinya memilih siapa pemimpin daerah selanjutnya.

 

 

Baca Juga:

Sensasi Japanese Fusion yang Tak Biasa

Sangkakala Di Langit Andalusia

 

Kabar tersebut pun membuat para pejabat kota mempersiapkan segala hal agar tampak baik. Selain itu, mereka pun bersaing satu sama lain, agar dipilih menduduki kursi pimpinan berikutnya dan untuk kepentingan masing-masing. Kondisi ini dimanfaatkan salah satu pegawai pemerintahan yang mendandani seorang gelandangan perempuan untuk berpura-pura menjadi Tamu Agung. Tanpa diduga, kedatangan tamu agung pun membuka banyak hal yang selama ini ditutup-tutupi di kota tersebut.

 

Fakta-fakta baru terungkap dan segala kecurangan yang dilakukan para pejabat daerah pun terbongkar. Sebagai pemimpin yang masih menjabat, sang kepala daerah mengatakan, “Tamu Agung sesungguhnya adalah masyarakat. Tugas kita sebagai pemimpin itu satu, menghentikan keserakahan.” Ternyata, kabar tersebut hanya taktik yang dibuat untuk membongkar kebusukan yang terjadi di sana.

 

(Indah | Foto: Edwin Budiarso)