Pesona Wisata Alam Australia Barat

 

Australia Barat merupakan pintu masuk ke benua Australia yang memiliki ragam wisata alam terbuka yang unik dan eksotik, serta menjadi destinasi tepat para wisatawan untuk keluar sejenak dari rutinitas untuk terhubung kembali dengan alam yang masih liar dan belum terjamah. Teberkati dengan bentangan garis pantai yang masih dijaga keasliannya sejauh 20.000 kilometer, hingga gurun pasir menawan di kawasan Coral Coast. Australia Barat siap dan telah menyambut kembali wisatawan asing yang telah divaksinasi secara lengkap, termasuk dari Indonesia.

 

Memiliki lima wilayah utama, negara bagian Australia Barat terdiri dari Perth dan sekitarnya, Barat Daya Australia, Barat Laut Australia, Coral Coast Australia, dan Golden Outback Australia. Semuanya memberikan pemandangan maupun pengalaman yang unik dan berbeda di setiap wilayah, penuh pesona serta keunikan masing-masing. 

 

BACA JUGA:

Pesona Kota Seribu Sunset

Dark Tourism: Ketertarikan pada Sisi Gelap Kehidupan

 

 

Selain menawarkan ragam pengalaman berwisata yang eksotik, Australia Barat pun merupakan pilihan berwisata yang aman dan nyaman selama masa pandemik ini, bagi wisatawan Indonesia baik yang berlibur bersama keluarga maupun sahabat. Berikut destinasi outdoor, rekomendasi untuk liburan singkat bersama keluarga dan teman-teman di Australia Barat.

 

Pacu Adrenalin di Matagarup Bridge dengan Zip + Climb 

Matagarup Bridge, jembatan penyeberangan yang baru diresmikan pada 2020 ini terletak di atas Swan River yang menghubungkan Perth Timur dengan Optus Stadium dan kawasan olahraga di semenanjung Burswood yang melambangkan perpaduan budaya yang beragam. Lengkungan jembatan merepresentasikan sepasang angsa hitam dan putih atau Wagyl, seekor ular air yang sangat penting bagi budaya Noongar setempat.

 

Naik ke 314 anak tangga secara aman untuk mencapai Sky View Platform berlantai kaca, kemudian masuk zipline sepanjang 400 meter, dan bersiaplah untuk terbang melintasi Swan River yang ikonik dengan kecepatan 75 km per jam sambil menikmati pemandangan sekitar. Matagarup Zip + Climb dapat menjadi salah satu aktivitas outdoor terbaru di Perth yang bisa dicoba untuk menguji adrenalin bersama anak atau teman-teman. 

 

 

Manjakan Lidah Sejenak di Swan Valley

Kita bisa bertualang kuliner dengan kombinasi kedua kawasan kuliner dan minuman anggur yang paling mudah dijangkau di sini. Hanya berjarak 30 menit dari Perth, Swan Valley dan Margaret River yang berjarak 3 jam memiliki pesona pedesaan, resep legendaris yang menjadi primadona kuliner, dan wilayah kebun anggur tertua di Australia Barat.

 

Beragam tempat produksi wine dan cokelat yang bisa disambangi wisatawan. Mulai dari berkunjung ke perkebunan dan kilang anggur untuk untuk menikmati minuman, obrolan, dan senda gurau yang santai. Anak-anak pun dapat mencicipi cokelat di The Margaret River Chocolate Factory yang memiliki beragam jenis cokelat. Wisatawan dapat pula mencicipi santapan mewah menu khas Australia Barat di Old Young’s Kitchen yang menggunakan bahan-bahan dan produk lokal luar biasa dari Swan Valley.

 

 

Jelajahi Wilayah Avon Valley 

Dengan perjalanan satu jam ke timur Perth, wilayah Avon Valley menawarkan perbukitan hijau, anak sungai yang mengalir, dan kota-kota pedesaan yang bersejarah. Mencoba balon udara di Northam dengan Windward Hot Air Balloon Adventures, sambil merasakan secara langsung pemandangan matahari terbit yang menakjubkan di atas balon udara dengan lanskap pedesaan di Avon Valley. Bilya Koort Boodja juga menjadi pilihan objek wisata regional di Northam. Menawarkan pengalaman pendidikan interaktif yang mengakui keberadaan Aborigin dan lingkungan yang kaya di wilayah Nyoongar Ballardong.

 

Selain itu, berkunjung ke Toodyay juga menjadi alternatif pilihan, terletak di lembah di antara perbukitan yang indah dan di tepi Sungai Avon. Toodyay menyajikan beberapa contoh sempurna arsitektur abad ke-19 yang memancarkan sejarah dan arsitektur kolonial. Tidak jauh dari Avon Valley, bersama keluarga kita dapat berkunjung ke Little Eeden Farm and Apiary and The Hive Cafe. Di sini anak-anak dapat bermain di taman bermain pedesaan dengan para hewan ternak, sambil mencicipi madu semak murni dengan campuran berbagai bahan alami yang menghasilkan khasiat untuk kesehatan.

 

Elly | Dok. Wahyu Mahendranata