Premita Fifi Widhiawatia: Jaga Amanah dan Harapan Nasabah

Srikandi BUMN Tangguh

Menggeluti karier di dunia asuransi selama masa pandemi tentu bukanlah hal yang mudah. Apalagi harus membawa perusahaan terus bertumbuh, mulai dari masa-masa menurunnya ekonomi hingga berhasil bertahan sampai melandainya gelombang virus.

 

Namun, ternyata hal tersebut tidak menjadi sesuatu yang memberatkan langkah Premita Fifi Widhiawati menjabat sebagai Komisaris di BRI Life. Dia terbukti mampu menciptakan langkah-langkah strategis untuk menghadapi salah satu penyebab krisis ekonomi dunia tersebut. Salah satunya adalah dengan produk asuransi yang terjangkau, namun tetap menawarkan layanan yang tidak kalah unggul. 

 

“BRI Life memiliki produk yang namanya Asuransi Mikro, Kesehatan, dan Kematian yang disingkat AMKKM. Ini adalah produk asuransi yang secara khusus dirancang bagi masyarakat umum dengan harapan bisa diterima seluruh masyarakat Indonesia.

 

Dimulai dengan uang premi Rp50.000/tahun, nasabah sudah mendapat perlindungan kesehatan, bahkan santunan jika terjadi kematian. Menjadi produk yang terjangkau, AMKKM terbukti diminati masyarakat dan andalan salah satu produk paling laris,” tutur perempuan yang sempat berkarier di bidang legal consultant ini. 

 

Baca Juga:

Masyita Crystallin: Perempuan Multiperan Inspiratif

Loto Srinaita Ginting: Bersaing dengan Strategi Kompetitif dan Dinamis

 

Bagi Fifi, perusahaan asuransi memiliki dua tugas utama. Dia menjelaskan, “Pertama adalah menerima amanah yang artinya setiap nasabah memberikan amanah kepada perusahaan melalui polis asuransi sebagai hubungan hukum atau sambungan antara nasabah dengan kami.

 

Kedua, tugasnya mengelola dan menjalankan amanah itu sebaik-baiknya, karena dalam setiap polis asuransi ada sebuah janji suci antara kami dengan nasabah yang harus dijaga. Dalam setiap polis asuransi sebetulnya dititipkan harapan dan doa.”

 

Tidak sia-sia, memilih langkah dengan menyediakan premi yang terjangkau terbukti membawa pertumbuhan baik bagi perusahaan. Pada bulan Juni tahun 2022, BRI Life berhasil mencatatkan APE sekitar Rp1,5 triliun. Angka tersebut naik sektar 53% year on year (yoy) dibandingkan bulan yang sama tahun 2021.

 

 

Tidak berhenti sampai di situ, angka tersebut juga terus naik setiap bulannya. Bahkan, pada bulan Juli dan Agustus perusahaan berhasil membukukan APE di atas Rp2 triliun. Sukses membawa perusahaan melalui masa pandemi sebagai komisaris, dia mengatakan bahwa tidak sedikit langkah yang diambil oleh perusahaan untuk terus bertumbuh dan bertahan, “Sejak pertama kali bergabung di BRI Life, saya melihat kerja sama antara induk perusahaan dengan anak perusahaan sudah sangat baik.

 

Kemudian, kami mendapat partner baru, yaitu FWD, sehingga kami bisa bergerak lebih cepat dan leluasa dengan dukungan dari BRI Group. Apalagi, kemudian terjadi beberapa perubahan direksi, seperti teman-teman dari FWD yang juga bergabung. Lalu, BRI Group juga mengirimkan direksi yang baru, sehingga dewan komisaris cukup optimis roda perusahaan bisa bergerak lebih cepat. Bahkan, selama masa pandemi kami bisa membuktikan, walaupun banyak yang mengajukan klaim BRI Life tetap bisa bertumbuh secara positif.”

 

BACA JUGA

Ety Yuniarti: Targetkan Value Over Valuation

Diana Rosa: Bersama Saling Menguatkan

 

Ketika ditanya mengenai prinsip hidup, perempuan yang gemar melakukan yoga ini menjelaskan, “Bagi saya, hidup itu harus sangka baik, karena dengan demikian kita tidak berpikir negatif terhadap ap pun dan siapa pun. Baik pada kondisi, orang lain, hingga situasi. Tapi ternyata itu tidak cukup.

 

Sangka baik harus diikuti dengan harap baik dan perbuatan yang baik dengan cara-cara baik juga. Kalau ini sudah kita lakukan, mudah-mudahan insya Allah hasilnya juga baik, karena saya tidak percaya bahwa cara buruk bisa menghasilkan hal yang baik. Menurut saya, kalau kita sudah sangka baik, harap baik, berusaha baik pun hasilnya belum tentu bisa sebagus yang kita harapkan. Tapi, paling tidak kita sudah bisa menjaganya.”

 

Indah | Foto: Fikar Azmy

 

Baca artikel selengkapnya e-magazine Women's Obsession Edisi September 2022