Perkenalkan Baju Adat, Para Publik Figur Hadiri Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka

 

Momen Detik-Detik Proklamasi yang selalu diadakan di Istana Negara tahun ini berlangsung meriah. Mulai dari parade iringan pawai duplikat bendera Merah Putih dan naskah Teks Proklamasi dari Tugu Monas, hingga penampilan Putri Ariani sang pemenang golden buzzer dari ajang America Got Talent.

 

BACA JUGA:

Putri Marino & Luna Maya di Antara Deretan Bintang Asia

Film ‘Everything Everywhere All at Once,’ Borong Critics‘ Choice Awards 2023

 

Kebiasaan memakai baju adat dimulai Presiden Jokowi sejak 2017, yang saat itu memakai pakaian adat khas Tanah Bumbu, Batulicin, Provinsi Kalimantan Utara. Kali ini Jokowi memakai baju ageman songkok singkepan ageng dari Keraton Kasunanan Surokarto Hadiningrat, sementara Ibu Negara Iriana memakai baju adat Bali.

 

 

 

Deretan menteri Kabinet Indonesia Maju pun tampak mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan suami mengenakan baju adat Mamasa, Sulawesi Barat. 

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menjadi satu dari lima pemenang Pakaian Adat Terbaik tampak mengenakan baju adat dari Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. 

 

 

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD kali ini tampil mengenakan baju adat Mandailing, Sumatra Utara.

 

Tak hanya para pejabat pemerintah, upacara terakhir yang diadakan di Jakarta ini turut dihadiri para figur publik yang tampil dengan berbagai baju daerah. Di antaranya ada Ayu Dewi yang tampil anggun mengenakan baju adat Palembang, Reisa Broto Asmara dengan kebaya encim modern berwarna merah, dan Nirina Zubir dengan pakaian adat Minang tanah kelahirannya.