Akhirnya iPhone 15 Hadir dengan Port USB Type C

 

Apple resmi merilis seri ponsel teranyarnya, yakni iPhone 15 pada acara bertajuk 'Wanderlust' yang berlangsung di Steve Jobs Theatre, Amerika Serikat (13/9/2023) waktu setempat. Diluncurkan dengan empat model berbeda seri ini terdiri dari iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

 

Berbeda dengan iPhone seri lain yang menggunakan lightning port untuk mengisi daya, koleksi iPhone 15 dihadirkan dengan memakai port USB Type C. Langkah ini dilakukan agar bisa lebih kompatibel dengan berbagai aksesori dan perangkat lain. Tidak hanya itu, penggunaan port USB Type C juga dilakukan untuk memenuhi standar yang ditetapkan negara-negara Uni Eropa.

 

 

Baca Juga:

Sentuhan Retro Modern pada JBL Authentics

Visinema Bawa IP Indonesia Berkompetisi di Busan International Film Festival

 

 

Sama seperti iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, varian Pro juga mengganti port lightning dengan USB-C. Namun ada perbedaan, yakni adanya USB Controller yang memungkinkan kecepatan transfer hingga 10 Gpbs.

 

Untuk tampilan, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus hadir dengan varian warna pink, kuning, hijau, biru, dan hitam. Sementara, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max tersedia dalam empat warna, yaitu titanium hitam, titanium putih, titanium biru, dan titanium alami.

 

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus dilengkapi dengan layar OLED berukuran 6,1 inci dan 6,7 inci. Layar yang digunakan mampu mendukung berbagai teknologi tampilan, seperti HDR10, Dolby Vision, dan True Tone. Tidak hanya itu, layar ini juga memiliki tingkat kecerahan maksimal yang mencapai 2.000 nits.

.

 

 

 

 

 

 

Seri iPhone 15 Pro Max dibekali A17 Pro Bionic terbaru. Chip ini menggunakan arsitektur 3nm. Penggunaan A17 Pro Bionic mampu meningkatkan performa hingga 10% lebih cepat dibanding produk iPhone pendahulunya. Sementara, untuk penyimpanan iPhone 15 dan 15 Plus menawarkan tiga pilihan kapasitas penyimpanan, yakni 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

 

Pada bagian kamera, iPhone 15 Pro dilengkapi kamera utama 48MP yang mendukung super high resolution 24MP, mode portrait dengan kontrol fokus dan kedalaman, penyempurnaan pada Night Mode dan Smart HDR, serta kamera Telephoto 5x yang secara eksklusif hanya terdapat pada iPhone 15 Pro Max.

 

Selain itu, kamera ultra-wide menggunakan sensor 12MP dengan sudut pandang yang lebih lebar, yaitu 120°. Ini memungkinkan para pengguna menghasilkan foto dengan efek bokeh yang lebih dramatis. Pengguna juga dapat merekam video slow-motion hingga resolusi Full HD.