Roadtrip Menantang Jakarta - Surabaya Bersama Stargazer X

 

Bepergian menggunakan pesawat dari Jakarta ke Surabaya merupakan suatu hal biasa kita lakukan. Namun, saat bepergian memakai kendaraan pribadi melewati berbagai daerah dan tempat ikonik, sekaligus ada hidden gems berbeda untuk wisata kuliner, berfoto seru yang instagramable, dan berbelanja oleh-oleh. Tentunya, road trip akan menjadi pengalaman yang berbeda.

 

Perjalanan jalur darat menggunakan kendaraan pribadi atau road trip semakin populer di kalangan masyarakat sekarang ini. Itulah sebabnya, tim Women’s Obsession menerima tantangan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) dalam kegiatan Wanderlust on Wheels: Unleash the X in You with STARGAZER X. Berlangsung 18–21 September 2023 untuk menunjukkan bagaimana konsumen bisa menikmati pengalaman road trip yang menyenangkan dengan STARGAZER X.

 

Menempuh perjalanan hingga lebih dari 800 KM dari Jakarta ke Surabaya, kegiatan ini diadakan bersama rekan-rekan media dan juga pegiat otomotif. Untuk membuktikan kemampuan STARGAZER X sebagai kendaraan multifungsi yang dapat menjadi partner ideal untuk menciptakan momen perjalanan yang tak terlupakan. Menawarkan kenyamanan dan penampilan yang stylish bersama fitur keamanan yang lengkap untuk memberikan pengalaman mobilitas terbaik. Melalui kegiatan media drive experience ini, Hyundai ingin memberikan inspirasi kepada para peserta bahwa STARGAZER X merupakan sebuah pilihan kendaraan yang tepat untuk perjalanan bersama keluarga, teman atau sahabat maupun orang terkasih.

 

BACA JUGA:

Hyundai STARGAZER X dan IONIQ 6, dan IONIQ 5 Bluelink Turut Ramaikan GIIAS Surabaya 2023

Gagah & Stylish, Hyundai CRETA Dynamic Black Edition Diluncurkan di IIMS 2023

 

Memilih Rute Xpress

Kami memulai perjalanan ini dari Hyundai Driving Experience SCBD Jakarta dan setiap tim bebas memilih rute yang diinginkan untuk mencapai titik akhir di JW Marriot Hotel, Surabaya. Dengan mobil Stargazer X bernopol B 1438 SSV berwarna silver yang tampak gagah dan elegan, kami pun siap beraksi. Mengekslorasi menaklukkan jalanan panjang, ada yang bergelombang di sejumlah titik, berliku, hingga tanjakan cukup menjadi tantangan dalam perjalanan ini. Tim Women’s Obsession memilih rute Xpress, Jakarta - Cirebon - Semarang - Salatiga - Sragen - Ngawi - Madiun - Jombang - Surabaya dan bermalam di kota Lumpia, Semarang.

 

Beruntung, pengguna STARGAZER X tak perlu khawatir dalam menghadapi ragam profil jalan yang kami lalui, karena mobil ini sudah dilengkapi mesin Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC. Mampu menghasilkan tenaga dan torsi maksimal masing-masing hingga 115ps/6,300rpm dan 143.8Nm/4,500rpm. Didukung sistem transmisi Intelligent Variable Transmission (IVT), pengguna juga akan merasakan performa mesin yang bertenaga namun tetap efisien dalam penggunaan bahan bakar.

 

 

 

Perjalanan Jakarta-Surabaya pun menempuh rute yang bervariasi, termasuk melewati jalan tol Trans Jawa yang cukup panjang. Di sini, kami bisa mengemudi tanpa cepat lelah dengan memanfaatkan fitur Cruise Control untuk menjaga kecepatan secara konsisten tanpa harus sering menekan pedal gas. Pengguna pun tak perlu merasa takut soal keamanannya, karena STARGAZER X sudah dilengkapi dengan Rear Disc Brake yang mampu memberikan pengereman optimal.

 

Mobil ini memiliki ruang kabin yang luas untuk kenyamanan lebih melakukan perjalanan jarak jauh sekalipun. STARGAZER X memiliki konfigurasi kursi penumpang 7-seater dengan opsi kursi Captain Seat di baris tengah. Selain terlihat mewah, opsi Captain Seat ini akan memberikan kesempatan kepada penumpang untuk beristirahat dengan nyaman sambil menikmati pemandangan indah selama perjalanan. Sensasi berkendara yang nyaman pun semakin optimal berkat hadirnya Double Blower AC untuk penumpang baris tengah dan akhir. Tidak lupa, STARGAZER X juga menawarkan bagasi yang lapang dengan kapasitas hingga total 585 liter yang mampu menampung barang bawaan banyak sekalipun.

 

Merasakan Keasyikan Tersendiri di Sepanjang Perjalanan

Saat road trip jarak jauh dengan waktu tempuh cukup lama, kita perlu menciptakan vibe yang seru dan mengasyikkan di dalam kendaraan agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Perjalanan jarak jauh sama sekali tidak akan terasa membosankan, karena mobil ini telah dilengkapi dengan sistem entertainment terdepan menemani kami di sepanjang perjalanan. Semua kebutuhan hiburan bisa diakses dengan mudah melalui Touch Display Audio 8 inci yang sudah mendukung Wireless Phone Connectivity (Android Auto dan Apple Carplay). Penumpang di bangku depan bisa menjadi 'DJ' dan memutar lagu paling seru selama perjalanan.

 

 

BACA JUGA:

Lee Kang-Hyung: Pengabdian Kedua

Generasi Baru Ford Siap Taklukkan Indonesia

 

Alunan musik favorit pun akan terdengar begitu jernih berkat kualitas audio yang immersive dari BOSE Premium sound system dengan 8 speaker untuk menciptakan momen sing along selama road trip. Musik dan lagu favorit dari Alan Walker, Imagine Dragon, Coldplay, Taylor Swift, Dewa, dan lainnya menghibur perjalanan kami jadi tidak membosankan. Sambil bernyanyi bersama dan ‘ditemani’ beragam makanan ringan dan minuman yang ‘stand by’ di samping kursi mobil turut menyemangati perjalanan kami yang cukup panjang ini.

 

Kami pun tak perlu khawatir saat baterai smartphone habis dalam menempuh perjalanan. Pasalnya, STARGAZER X menyediakan Power Outlet di baris depan dan ketiga, serta 2 USB charger di baris tengah. Canggihnya lagi, STARGAZER X juga menyediakan Wireless Charger untuk pengisian daya nirkabel. Jadi, tak perlu panik untuk mencari rest area saat smartphone lowbat untuk perjalanan yang lebih lancar.

 

Mampir di Beberapa Hidden Gems & Tempat Ikonik

Tak hanya menikmati keasyikan di dalam mobil kami juga mampir ke beberapa spot seru untuk wisata kuliner dan berswafoto di spot ikonik di beberapa tempat. Termasuk, menyempatkam diri berziarah ke Makam Gus Dus yang berlokasi di Pesantren Tebuireng, Jombang. Melewati Cirebon, kami mengarahkan Stargazer X bertandang ke kota Udang ini yang terkenal akan kulinernya yang hits, menyempatkan diri mampir ke Kampoeng Tjaroeban di Jl. Hanoman membeli ketan gurih bercita rasa legit harum untuk stok makanan di mobil. Di sini tersedia beraneka ragam oleh-oleh khas kota Wali yang bisa kita beli seperti bumbu empal gentong, sambal kecombrang, terasi bakar, abon ebi, ikan asin, kerupuk udang, dan lain sebagainya.

 

Agar perut tidak meronta-ronta di mobil, kami mengisi ‘full tank’ dengan docang di Empal Gentong Bu Sarini. Tak hanya menyantap empal gentong berkuah santan, tapi juga rasa kuah empal asem yang menyegarkan. Tapi, juga menghabiskan sampai tuntas menu docang, yaitu makanan khas Cirebon dengan bahan lontong, dicampur daun singkong, tauge, parutan kelapa, sambal docang, kerupuk yang disiram kuah panas berbumbu rempah-rempah pilihan dan tempe oncom. Ditutup tahu gejrot dan es kopyor, pengalam wisata kuliner Cirebon menjadi memorable yang selalu dirindukan saat roadtrip Jakarta - Surabaya.

 

 

Setelah itu, kami menyempatkan diri melihat-lihat Keraton Kasepuhan Cirebon dan Alun-akun Sangkaka Buana dan berfoto-foto di sana bersama Stargazer X. Perjalanan dilanjutkan dan ketika sampai di Semarang sebelum tidur kami kelaparan dan ingin merasakan kelezatan tahu gimbal Pak Edi/Edy. Ada sekitar 11 lapak yang menggunakan nama hampir sama di lapak PKL Taman Indonesia Kaya Semarang ini dan kami memilih lapak pertama yang bertuliskan Pak Edi, agar tidak semakin bingung dan bisa cepat makan malam.

 

Esok paginya kami melaju dengan Stargazer X berkeliling ke kawasan kota tua melewati gereja tertua di Semarang, GPIB Immanuel yang terkenal dengan sebulan Gereja Blenduk. Mobil kemudian kami arahkan menuju objek wisata Brown Canyon yang berlokasi di Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Aksesnya yang mudah dijangkau dari titik wilayah mana pun menjadi keunggulan dari destinasi wisata di Semarang yang satu ini. Kawasan ini terbentuk akibat proses alam dan bekas penggalian suatu projek yang tak dilanjutkan. Adanya penambangan di sekitar Semarang yang membuat tebing-tebing eksotis Brown Canyon terbentuk. Ini adalah area galian C yang menjadi tempat menambang selama satu dekade lebih.

 

Brown Canyon identik dengan tempat penuh pasir yang mirip dengan berbagai film koboi atau genre petualangan. Saat membawa Stargazer X ini mengarungi beberapa area di pertambangan pasir Brown Canyon, kenyamanannya tetap terasa, meski mobil diajak meliuk-liuk, berputar-putar, dan naik-turun. Tempatnya yang instagramable dan indah, membuat kami segera berswafoto untuk mengabadikan momen bersama tim Women’s Obsession dan Stargazer X. Agar hasil foto lebih ciamik, jangan lupa membawa tongsis atau tripod, sehingga terlihat lebih mempesona.

 

 

 

Melewati Madiun hari sudah berlanjut malam dan ketika masuk ke kota yang identik dengan kelezatan nasi pecel atau sego pecel ini, kami tidak bisa merasakannya, karena rumah makan sudah banyak yang tutup. Syukurlah, kami menemukan satu tempat hidden gem restoran unik penuh pepohonanan hijau dengan juntaian lampu kelap-kelip bernama Hey House yang masih buka.

 

Kami pun beristirahat sejenak dan bersantap malam, agar tubuh menjadi fresh kembali tidak mengantuk di jalan. Melewati Jombang dua pria dari tim kami yang menyetir bergantian mampir sebentar berziarah ke makam Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang terletak di kompleks Pesantren Tebuireng. Meskipun bukan pada akhir pekan, makam ini tak pernah sepi peziarah dari berbagai penjuru Indonesia. 

 

Sebelum Gus Dur meninggal, sudah ada makam dua pahlawan nasional di komplek makam tersebut, yaitu KH Hasyim Asy’ari dan KH Abdul Wahid Hasyim. Dahulu, jumlah peziarah memang sudah banyak, namun ketika ada makam Gus Dur pengunjung yang datang pun kian bertambah banyak berdatangan. Akhirnya, kami pun tiba di JW Marriot Hotel dengan aman dan beristirahat dengan nyaman serta tenang.