IN2MF Gaungkan Modest Fashion Melalui Wastra Indonesia

Setelah sukses diadakan di Paris dan Dubai, kini puncak acara Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) hadir di Jakarta. Mengangkat tema ‘Sustainable Modest Fashion Indonesia Melalui Wastra Indonesia’, ajang ini diharapkan dapat mendukung pengembangan ekonomi hijau pada sektor industri modest fashion.

 

Selain itu, acara yang berlangsung pada tanggal 25–29 Oktober 2023 di Cendrawasih dan Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, ini juga menjadi rangkaian Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2023. ISEF merupakan acara tahunan ekonomi dan keuangan syariah terbesar di Tanah Air yang menjadi wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah (Eksyar).

 

Baca Juga:

Vinoti Living dan Joe Human Rilis Koleksi Kolaborasi Bergaya New York

Mengenal Karakteristik Lab Grown Diamond

 

 

 

Sebagai upaya kolaboratif yang bertujuan mengakselerasi terwujudnya Indonesia sebagai pusat industri halal global, Bank Indonesia bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI dan Indonesia Fashion Chamber (IFC) menyelenggarakan IN2MF.

 

“Modest fashion Indonesia memiliki potensi besar untuk memajukan ekonomi dan keuangan syariah. Mimpi ke depan, kami ingin menjadikan modest fashion Indonesia sebagai rujukan dunia. Tidak hanya meningkatkan angka penjualan, namun juga dapat menumbuhkan pasar global yang lebih luas,” tutur Ita Rulina selaku Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia.

 

 

 

 

 

 

Lebih lanjut dia menambahkan, “Kami berharap sektor modest fashion Indonesia terus berkembang, bukan sebatas B2C, tetapi juga B2B. Untuk mewujudkan industri modest fashion Indonesia yang kuat tentunya seluruh pihak harus bersinergi dan berkolaborasi.”

 

Pelaksanaan IN2MF terus ditingkatkan hingga ke forum skala internasional guna memperkenalkan produk modest fashion Indonesia dan memperkuat eksistensinya di kancah global. Sejak awal tahun 2023, IN2MF telah diselenggarakan pula di beberapa kota besar dunia, yaitu Dubai, Pretoria, dan Paris.

 

Selain berfokus mengenalkan koleksi-koleksi modest fashion, IN2MF juga mengedepankan konsep sustainability. Tidak hanya itu, optimalisasi penggunaan wastra nusantara dan kain lokal sebagai katalis ekosistem modest fashion Indonesia dari hulu ke hilir juga terus digaungkan.

 

IN2MF 2023 akan menampilkan 174 desainer Indonesia dan Internasional dalam sesi fashion show, dan lebih dari 200 jenama pada fashion exhibition. Hal ini untuk memperlihatkan keragaman produk modest fashion Indonesia yang meliputi kategori ready to wear deluxe & street wear, office wear & cocktail wear (semi formal), serta syar'i evening wear (baju pesta/formal).