Buka Trade Expo Indonesia 2023 Jokowi Apresiasi Produsen Berdaya Saing

 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka perhelatan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 pada Rabu (18/10/2023) melalui tayangan video. Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan TEI ini.

 

Pameran dagang terbesar se-Asia Tenggara yang digagas oleh pemerintah Indonesia ini dinilai menjadi jalan pembuka. Para eksportir berpeluang untuk bisa menjajakan produknya secara langsung kepada para buyer dari berbagai negara yang hadir.

 

Tak hanya itu, pada sambutannya kepala negara itu pun berpesan agar masyarakat Indonesia bisa semakin fokus pada kompetisi dan persaingan pasar dunia yang saat ini makin ketat. “Kita tidak boleh hanya menjadi pasar, kita harus menjadi pelaku, harus menjadi produsen yang berdaya saing dan menguasai pasar saya mengapresiasi,” kata Jokowi, dalam video sambutannya.

 

BACA JUGA:

10 Musisi Papan Atas Indonesia Ramaikan Festival Musik Anak Senja

I2SPE 2023 Soroti Perihal Keberlanjutan dan Transformasi Digital

 

Selain Jokowi, acara pembukaan TEI 2023 kali ini turut dihadiri oleh Airlangga Hartanto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Arsul Sani, Wakil Ketua MPR RI, Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan RI yang didampingi oleh Didi Sumedi, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, dan Al Muktabar, Pejabat Gubernur Banten.

 

Menurut Airlangga, setelah tahun tahun berjuang menghadapi pandemi Covid-19, 2023 menjadi momentum dan tantangan global baru bagi pasar, yang akan berpengaruh pada kinerja ekspor Indonesia. “Maka kalau sudah merdeka dari Covid dagang harus lebih lancar dan ditambah lagi dagang harus lebih laris manis,” ujar Airlangga Hartanto, dalam sambutannya.

 

 

Sementara itu, TEI ke-38 tahun ini, mengusung tema Sustainable Trade for Global Economic Resilience. “Economic resilience atau ketahanan ekonomi menjadi frase yang diusung tahun ini. Sejatinya tidak hanya untuk mendorong perdagangan berkelanjutan, namun sekaligus untuk mencerminkan upaya kita bersama menjaga kinerja perdagangan,” papar Jerry Sambuaga.

 

Jerry juga menyampaikan neranca perdagangan mencatat prestasi selama 41 bulan mampu bertahan pada posisi surplus. Dan selama 9 bulan tahun ini secara akumulatif, neraca perdagangan surplus di angka US$27,75 Miliar.

 

 

Pada kesempatan yang sama diberikan pula penghargaan Primaniyarta Award 2023 yang terdiri dari beberapa kategori. Di antaranya kategori eksportir pengembang pasar baru, eksportir jasa, eksportir produk digital, eksportir produk berkelanjutan, dan eksportir produk inovatif.

 

Ada pula kategori kepala daerah pendukung ekspor yang diraih Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Bupati Purbalingga, Pemerintah Provinsi Jawa barat, dan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat.

 

Pameran terbagi dalam tujuh zona kategori. Food & baverages, home living, digital services, chemical energy & industrial product, medical equipment and healthcare, beauty & personal care, serta fashion, textile and accessories. TEI sudah bisa dikunjungi oleh publik secara luring, di ICE BSD City hingga 22 Oktober 2023, dan daring melalui website resminya sampai 22 Desember 2023.