Jakarta Fashion Week 2024 Dibuka Parade Koleksi Alumni Lomba Perancang Mode

 

Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 resmi dibuka pada Senin (23/10/2023). Bertempat di City Hall, Pondok Indah Mal III, Jakarta Selatan, pekan mode terbesar di Indonesia ini menggabungkan berbagai industri kreatif dan para pelaku mode lintas generasi.

 

Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week & CEO GCM Group, dalam pidato pembukaannya mengatakan tema Fashion Continuum: Bridging Generations adalah spirit kuat yang menggambarkan JFW sebagai wadah kreatif untuk merayakan industri mode Indonesia.

 

“Kami senantiasa ingin mendampingi, mewadahi, dan membantu mengembangkan karya desainer di setiap generasi. Kami berharap JFW 2024 menjadi katalisator perkembangan fashion Tanah Air,” jelas Svida.

 

BACA JUGA:

Rangkaian Karya Spring/Summer 2024 ‘White Lies’ Harry Halim

JMFW 2024 Akselerasi Pertumbuhan Modest Fashion Indonesia

 

Menurut Andandika Surasetja, Creative Director Jakarta Fashion Week, tema Jakarta Fashion Week 2024 mencerminkan semangat inklusi dan kolaborasi dalam menghadapi perubahan zaman. “JFW menjadi tempat para perancang, label, media, dan penggemar mode dapat berinteraksi dan merayakan kreativitas bersama, dengan tujuan memajukan industri mode Indonesia dengan rasa bangga,” ujarnya.

 

JFW 2024 diawali dengan show Perayaan 44 Tahun Lomba Perancang Mode (LPM). Parade menghadirkan sekitar 26 alumni LPM, LPA (Lomba Perancang Aksesori), dan LPMM (Lomba Perancang Mode Menswear) dari awal kompetisi pada tahun 1979 hingga 2022. Di antaranya Chossy Latu, Itang Yunasz, Carmanita, Hian Tjen, dan lain-lain.

 

Selama sepekan, JFW 2024 akan menghadirkan serangkaian program dan penghargaan yang penuh inovasi dan kreativitas. Lebih dari 100 perancang mode nasional dan internasional akan menampilkan karya-karya terbaiknya di runway. Seperti Oscar Lawalata Culture, Ivan Gunawan, Didiet Maulana, Danjyo Hiyoji, hingga Buttonscarves, IKYK, dan Ria Miranda.

 

 

Tak ketinggalan Dewi Fashion Knights yang selalu dinantikan pencinta mode akan kembali hadir dalam dua sesi. Pada sesi pertama, #DFK2023 “The Visionary” mempersembahkan Jan Sober, Rama Dauhan, Byo untuk kategori ready-to-wear. Sesi kedua #DFK2023 “The Artistry” mempersembahkan Hian Tjen, Mahija sebagai perancang mode adibusana. JFW menganugerahkan Fashion Force Award 2023 bagi perancang-perancang muda atau jenama-jenama lokal yang tergolong baru berdiri.

 

JFW 2024 juga menjadi tempat kelahiran perancang muda berbakat baru yang berkompetisi pada Lomba Perancang Mode 2023. Dari sekitar lebih 300 karya yang masuk, telah terpilih 10 finalis yang sukses menerjemahkan tema “Authenticity”.

 

Para pemenang akan memperoleh beasiswa kursus di Istituto Marangoni juga uang tunai dengan total hadiah senilai puluhan juta rupiah. Selain itu, akan dipilih pemenang APR Awards yang akan mendapat pasokan kain berkualitas tinggi dari Asia Pacific Rayon.

 

BACA JUGA:

Pengalaman Unik Peluncuran Outlet ADLV Perdana di PIK Avenue

Perkuat Ekosistem Modest Fashion Nasional, Kemendag Kick Off JMFW 2024

 

Tidak hanya menampilkan peragaan busana di runway, ada pameran dan pop-up-store yang dapat dikunjungi publik. Fashionlink yang berada di atrium PIM III lantai 3 menyediakan produk-produk mode dan kecantikan dari JFW. Sedangkan, koleksi mode dan kecantikan premium dari para desainer dan jenama JFW terkemuka ada di Dewi’s Luxe Market.

 

Eksistensi JFW sebagai pekan mode berpengaruh di Indonesia juga terwujud berkat kerja sama yang erat dengan institusi-institusi nasional dan internasional selama bertahun-tahun. Mulai dari Pemerintah DKI Jakarta, Pemerintah Kota Medan, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Dekranasda NTT, hingga Pemerintah Korea Selatan melalui Korea Creative Agency (KOCCA) Indonesia dan Kedutaan Besar Australia di Jakarta beserta Negara Bagian Victoria.