Angkat Wastra Nusantara di Modest Fashion

Perhelatan Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2023 sukses digelar. Berlangsung di Cendrawasih dan Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), acara ini merupakan rangkaian Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2023.

 

Mengusung tema ‘Sustainable Modest Fashion Indonesia Melalui Wastra Indonesia’, gelaran IN2MF mendukung pengembangan ekonomi hijau pada sektor industri modest fashion. Tentunya dengan mengedepankan penerapan konsep sustainability dan optimalisasi penggunaan wastra Nusantara dan kain lokal.

 

 

Baca Juga:

Kolaborasi Seni Berpadu Fashion MangMoel X RiaMiranda

Koleksi Spesial: Harmonisasi Kehidupan, Budaya dan Alam, Hasil Perjalanan Tiga Desainer Dekranasda NTT

 

 

Bank Indonesia bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI dan Indonesia Fashion Chamber (IFC) menginisiasi pelaksanaan IN2MF sebagai payung besar dan integrasi seluruh kegiatan di sektor modest fashion Indonesia. Penyelenggaraan IN2MF terus ditingkatkan ke skala internasional guna memperkenalkan produk modest fashion Indonesia dan memperkuat eksistensinya di kancah global.

 

“Tahun lalu kita sukses menyelenggarakan IN2MF yang pertama kali. Melanjutkan keberhasilan tersebut, kita perlu memperkuat implementasi dari tiga pilar strategi utama, mulai dari penguatan produk, penguatan pelaku, dan penguatan promosi,” papar Perry Warjiyo selaku Gubernur Bank Indonesia (BI). 

 

Lebih lanjut dia memaparkan, “Salah satunya kita meningkatkan eksposur ke skala global dengan membawa modest fashion unggulan Indonesia ke berbagai negara, seperti London, Dubai, Beijing, dan Paris. Ini menunjukkan modest fashion Indonesia berpotensi menjadi terbaik di dunia dan IN2MF menjadi gelaran modest fashion terbesar tak hanya di Indonesia, tetapi juga dunia.”

 

 

 

 

 

 

 

Berbagai kegiatan menarik dihadirkan di gelaran ini, sebut saja rangkaian kegiatan fashion show, pameran dagang berstandar internasional, talkshow, hingga business matching. Menjadi etalase produk-produk modest fashion unggulan Indonesia, turut tampil 176 desainer Indonesia dan 10 desainer internasional dalam fashion show. Tidak hanya itu, lebih dari 200 jenama dalam fashion exhibition juga memperlihatkan keragaman produk modest fashion Indonesia.

 

Selain kembali menghadirkan koleksi dari jenama yang merupakan anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia dan UMKM binaan Bank Indonesia, IN2MF mengangkat hasil karya siswa didik sekolah tinggi mode dan koleksi desainer nternacional dari London, Malaysia, Paris, Algeria, Amerika Serikat, India, Kuwait, Maroko, dan Jepang.