Kota Tua Terindah Di Dunia

Mendekati bulan-bulan terakhir tahun 2023, tidak sedikit masyarakat yang telah menyiapkan destinasi untuk liburan akhir tahun. Di antara sekian banyak objek wisata, salah satu yang tidak pernah membosankan adalah bertandang ke sebuah kota tua. Menjadi saksi kejadian-kejadian masa lampau, kota tua selalu memiliki keindahan yang menghipnotis mata wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

 

Tidak hanya itu, berkunjung ke bangunan-bangunan klasik berusia ratusan tahun yang tetap dipertahankan juga menawarkan pengalaman tidak terlupakan. Berikut beberapa kota tua terindah di dunia versi Women’s Obsession yang bisa jadi referensi Anda.

 

 

Baca Juga:

Perayaan Halloween di Kota Asal Drakula

The Palace Jeweler Hadirkan Kolaborasi dengan Yamaha Grand Filano di IMOS 2023

 

 

Athena, Yunani

 

Sudah ada sejak lebih dari 7000 tahun silam, Kota Athena merupakan salah satu yang tertua di Yunani. Keindahan kota tua yang satu ini pun tidak perlu diragukan. Sebut saja Acropolis, sebuah kompleks arsitektur Yunani Kuno yang berada di atas bukit setinggi 156 meter di jantung kota Athena.

 

Dalam kompleks tersebut terdapat Parthenon, yakni sebuah kuil megah yang didedikasikan untuk Dewi Athena. Tiang-tiang ikonik bangunan ini masih bertahan bahkan dari gempa bumi, ledakan, perang, hingga kebakaran. Berkat keindahan bangunannya, Parthenon merupakan salah satu landmark kuno paling terkenal di dunia. Selain Parthenon, Athena yang masuk dalam kota tua terindah di dunia juga memiliki Erechtheion, kuil kuno dengan tiang-tiang berupa patung Caryatid.

 

 

 

 

 

Tallinn, Estonia

 

Masuk dalam jajaran kota tua terindah di dunia, Tallinn merupakan kota tua peninggalan Era Medieval yang masih terjaga pesonanya di Eropa hingga saat ini. Bagi wisatawan yang menyukai arsitektur seperti di negeri dongeng juga bangunan-bangunan dengan kubah dan kaca besar, kota ini sangat menarik untuk dikunjungi.

 

Tidak hanya menawarkan pemandangan yang memanjakan mata, kota ini juga memiliki suasana yang tenang. Salah satu bagunan ikonik adalah ‘Tallinn Town Hall’ yang pernah digunakan sebagai gedung pertemuan rakyat dan tempat pengadilan bagi para kriminal. Menariknya, bangunan ini tidak pernah diubah sejak 700 tahun yang lalu.

 

Plovdiv, Bulgaria

 

Plovdiv merupakan kota tua yang sudah ada sejak zaman Neolitik atau sekitar 8000 sebelum Masehi. Keberadaan bangunan kuno di kota ini juga telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Dipenuhi berbagai bangunan berarsitektur khas Eropa, kota ini juga dikenal dengan Teater Romawi yang merupakan salah satu teater Romawi kuno terbesar di dunia dan menjadi tempat berlangsungnya berbagai pertunjukan maupun festival budaya. Tidak hanya itu, ada pula Bukit Nebet yang menawarkan pemandangan bangunan-bangunan dari kota kuno yang terbuat dari batu bata, bebatuan, dan marmer.

 

Nurnberg, Jerman

 

Menjadi salah satu yang terindah di dunia, Kota Nurnberg menawarkan pemandangan kota tua yang sangat indah. Bangunan bergaya gotik sangat mudah ditemukan di kota yang satu ini. Jika bertandang, lokasi yang wajib dikunjungi adalah Kastil Nürnberg. Terdiri dari tiga bagian, yakni kastil kekaisaran (Kaiserburg), bekas kastil Burgraf (Burggrafenburg), dan bangunan yang didirikan oleh Kota Kekaisaran Nürnberg di sisi timur (Reichsstädtische Bauten). Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa mengunjungi Frauenkirche, sebuah gereja dengan arsitekturnya yang memesona.