Mendag Zulkifli Hasan: Perempuan Salah Satu Kunci Ciptakan Indonesia Maju

 

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut perempuan menjadi salah satu kunci menciptakan Indonesia yang maju. Hal ini diungkapkan Zulhas ketika hadir dalam acara pelantikan Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Badan Otonom (Banom) Womenpreneur.

 

Lebih lanjut, Zulhas juga berpendapat bahwa keberadaan pengusaha perempuan turut memegang peranan penting dalam mewujudkan Indonesia Maju 2045.

 

“Perempuan memegang kunci kesuksesan suatu peradaban. Sekitar 90% usaha di Tanah Air itu UMKM, dan 65% itu pelaku usahanya adalah perempuan. Jadi, kalau Indonesia mau maju pada 2045, kata kuncinya adalah perempuan,” papar Zulhas pada Rabu, (6/12/2023) di Soehanna Hall, SCBD, Jakarta.

 

BACA JUGA:

Rayakan HUT ke-17, Paramount Enterprise Ajak Masyarakat Hidup Sehat Lewat ‘Paramount Color Walk’ 2023

Sania Royale Rice Bran Oil Kaya Nutrisi & Gamma Oryzanol Lebih Menyehatkan Tubuh

 

Siap membantu para pengusaha perempuan, Zulhas mengatakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) memiliki sederet fasilitas yang bisa membantu pelaku usaha. Zulhas mencontohkan salah satunya adalah ekspor untuk para pelaku usaha.

 

“Kalau ada yang belum paham ekspor, kami ada sekolah ekspor,” ungkapnya.

 

Bahkan, pelaku usaha termasuk UMKM sudah bisa mengikuti penjajakan bisnis untuk mendapatkan pembeli mancanegara hingga ikut program Kemendag untuk turut serta dalam pameran internasional. Dia mencontohkan sederet brand fashion yang ikut gelaran internasional, seperti New York Fashion Week, London Fashion Week, dan Paris Fashion Week.

 

 

 

Zulhas juga menyinggung soal ekonomi digital. Menurutnya, UMKM kini tak bisa dipisahkan dengan ekonomi digital. Tujuannya, agar pelaku usaha lokal bisa menjadi tuan di rumah sendiri. “Kita harus menjadi ekosistem di dalam negeri. Kita harus menjadi tuan di dalam negeri. Tidak perlu tawar menawar untuk melindungi UMKM,” tegasnya.

 

Diketahui, dalam acara pelantikan tersebut, Founder dan CEO Hempart Indonesia Melissa A. Hamid resmi ditunjuk sebagai Ketua Banom Womenpreneur BPP HIPMI. Melissa dibantu oleh Azizah Awaliah Hadi sebagai sekretaris dan Mita Abidin menjadi bendahara. Struktur pengurus berisi 38 orang ini akan bertugas hingga masa bakti 2025.

 

Selain pelantikan, sejumlah tokoh pengusaha perempuan juga hadir membagikan cerita pengalaman mereka dalam talkshow inspiratif bertajuk ‘Kontribusi Perempuan Sebagai Penggerak Perekonomian Bangsa”. Di antaranya Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Sri Suparni Bahlil, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Kendal Chacha Frederica, Motivator Merry Riana, Owner NJS Gold Naomi Julia, dan Owner MS Glow Shandy Purnamasari. (Agnes)