Google Doodle Tampilkan Sosok Legendaris Aminah Cendrakasih

Laman pencarian Google sempat menampilkan Google Doodle Aminah Cendrakasih, aktris dan model senior Tanah Air. Karikatur mendiang pemeran Mak Nyak dalam serial ‘Si Doel Anak Sekolahan’ ini tampil dalam rangka ulang tahunnya yang ke-86.

 

Dalam Google Doodle tersebut, Aminah tampil dengan gaya penutup rambut khas yang biasa dia kenakan. Aminah sendiri memiliki nama lengkap Siti Aminah Tjendrakasih. Lahir pada 29 Januari 1938 silam di Magelang, Jawa Tengah, dia telah memainkan ratusan peran.

 

Mengenakan selendang krem, putri pasangan pelawak Husin Nagib dan artis Wolly Sutinah ini pertama kali tampil di pentas sandiwara pada tahun 1955 silam. Pada tahun yang sama, dia mendapatkan peran untuk film berjudul ‘Oh, Ibuku’ yang disutradarai oleh Ali Yugo.

 

Dia juga mendapat kesempatan untuk beradu akting bersama ibunya di film berjudul ‘Gambang Semarang’. Mengikuti jejak kedua orang tuanya yang aktif di dunia seni peran, Aminah bergabung dengan film ‘Serampang 12’ pada usia 18 tahun. Seiring waktu, peran Mak Nyak di serial ‘Si Doel Anak Sekolahan’ (1994-1997) menjadi salah satu karakter yang melekat pada diri Aminah.

 

 

Baca Juga:

Kisah Dedikasi Prof.Dr.Julie Sulianti Saroso

Kisah Troli yang Sempat Ditolak Masyarakat

 

 

Menjadi salah satu aktris paling legendaris, Aminah telah memainkan peran tak kurang dari 101 judul film sepanjang tahun 1955 sampai 1989. Mulai dari pemeran pembantu maupun pemeran utama, baik memainkan peran gadis dingin, hingga seorang ibu penyabar pun telah dilakoni Aminah.

 

Berbagai penghargaan pun sukses diterima oleh Aminah. Salah satunya adalah Lifetime Achievement Award pada Festival Film Bandung 2012. Pada tahun berikutnya, penghargaan serupa juga didapatkan dari Indonesian Movie Awards 2013. Pada 2019, dia pun sempat dianugerahi Penampilan Singkat Nan Berkesan dalam film Si Doel the Movie pada acara Piala Maya.

 

Tidak hanya aktif menunjukkan kepiawaiannya di layar kaca, Aminah juga sangat aktif di berbagai organisasi. Salah satunya adalah organisasi HSBI dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Bahkan, berkat ketekunannya di LKB dia pernah menjabat Ketua I Divisi Kesenian. Selain itu Aminah juga menjabat Komisaris PT Jayanti Adhikara Sinema.

 

 

 

 

 

Sayangnya, pada masa tuanya, Aminah Cendrakasih harus berjuang melawan penyakit glaukoma yang diderita sangat lama, bahkan hingga 13 tahun. Tidak main-main, penyakit ini menyebabkan dirinya susah beraktivitas dan mengalami kebutaan pada kedua matanya. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangatnya menekuni dunia seni peran.

 

Dia tetap berperan sebagai Mak Nyak di film ‘Si Doel The Movie’ tahun 2018 lalu. Meski tidak bisa membaca dan hanya dalam kondisi berbaring, Aminah sukses memainkan perannya.

 

Setelah belasan tahun menderita penyakit glaukoma, Aminah akhirnya tutup usia pada 21 Desember 2022 lalu di Pondok Aren, Tangerang Selatan. Dia meninggal dunia pada usia 84 tahun dan dikebumikan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta.