YouTube Rilis Serial Dokumenter “Seribu Kartini” untuk Rayakan Momen Hari Kartini

 

Para perempuan Indonesia baru saja merayakan sebuah momen bersejarah, yakni Hari Kartini yang setiap tahunnya diperingati pada 21 April. Pada momen yang bertepatan dengan hari lahir sang pahlawan yang ke-145 ini sekaligus menjadi sebuah pengingat untuk perempuan-perempuan Indonesia, agar tetap berjuang mempertahankan hak asasi dan mimpi-mimpi besarnya sebagai seorang manusia utuh, yang sama dengan laki-laki.

 

Sr. Product Marketing Manager, YouTube Indonesia dan Asia Tenggara, Olavina Harahap, menyampaikan dalam rangka merayakan ulang tahun Kartini, semua orang telah melihat mimpinya tidak hanya menjadi kenyataan, namun juga berkembang dan menggerakkan Indonesia selama beberapa generasi. Dia berharap, semoga Hari Kartini ini dapat mengingatkan setiap perempuan di Tanah Air bahwa kita bisa menjadi pelopor perubahan dalam hidup, dengan cara masing-masing.

 

BACA JUGA:

Djournal Coffee x Tab Space Gandeng Seniman Disabilitas dalam Berkarya

Art Jakarta Gardens Kembali Hadir di Teduhnya Hutan Kota

Bersamaan dengan gagasan Kartini ini, YouTube berkolaborasi dengan lima kreator perempuan hebat Indonesia, meluncurkan serial dokumenter bertajuk “Seribu Kartini”. Peluncuran kali ini, turut dihadiri oleh sejumlah sosok inspiratif, seperti Menteri Sosial Republik Indonesia, Dr.(H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T, Najwa Shihab, dan juga Putri Arini.

 

Meski kondisi perempuan saat ini telah jauh lebih baik, tetap harus diingat bahwa jalan masih panjang. Sambil merayakan kemajuan yang telah perlahan tercapai bersama sebagai masyarakat, kita juga harus terus berusaha untuk memastikan kemunculan para penerus.

 

Untuk itu, YouTube meluncurkan sebuah serial dokumenter terdiri dari lima bagian yang menyoroti lima kreator YouTube dari latar belakang berbeda-beda. Mereka berbagi kisah masing-masing dalam melepaskan diri dari kekangan dan batasan yang ada di masyarakat, seperti halnya Kartini memperjuangkan hak perempuan untuk mendapatkan pendidikan, berpolitik, dan bebas dari belenggu norma.

 

Lima kreator ini adalah Nessie Judge, Novi Petani Happy, Arih Lystia, Irene Komala, dan Nadhira Afifa. Kisah mereka telah dirilis dan dapat ditonton di YouTube Indonesia sejak Jumat (19/4/2024).

 

Selain peluncuran serial dokumenter, acara kali ini turut menjadi momen untuk merayakan pencapaian Najwa Shihab, yang baru-baru ini berhasil mendapatkan 10 juta pengikut dan berhak menerima Diamond Creator Award. Dan pada kesempatan yang sama Putri Ariani membagikan ceritanya mengenai Kartini versinya dan juga bagaimana dia dapat berkembang melalui YouTube.

 

BACA JUGA:

Angkat Sikap Kesatria, Lelangen Beksan: Kusumaning Rat dari Padnecwara Pukau Penonton Galeri Indonesia Kaya

Pameran Tunggal ‘Cosmic Echoes’ Ferdy Thaeras di Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta

 

“Saya meyakini bahwa informasi itu kunci. Informasi berperan penting dalam pengambilan keputusan, yang sangat dipengaruhi oleh seberapa baik kualitas asupan informasi yang kita peroleh. YouTube adalah platform yang memungkinkan kita mendapatkan beragam informasi, juga dari berbagai orang. Memang hal ini memiliki tantangan tersendiri, yakni harus bisa dengan cermat memilah dan menavigasi banyaknya informasi yang tersedia,” ungkap Najwa Shihab.

 

“YouTube memiliki peran yang sangat besar yang memungkinkan saya untuk melakukan semua ini, sehingga karya-karya Putri bisa dinikmati oleh banyak orang. Seperti contohnya, baru-baru ini, lagu terbarunya yang dirilis di YouTube, “Teruskan Langkah Baikmu”, ditujukan untuk menginspirasi para perempuan bahwa di balik setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, semuanya pasti akan indah pada waktunya,” ujar Putri Ariani. (Arfi | Dok. YouTube)