Ad Maiora, Kolaborasi Epic Tiga Seniman Muda

Tiga seniman perempuan muda, Clasutta, Zita Nuella, dan Tusita Mangalani membuka pameran perdana mereka bertajuk Ad Maiora pada Jumat, (12/7/2024) di D Gallerie, Jakarta Selatan.

 

Ad Maiora menampilkan tiga rangkaian seri lukisan dari masing-masing seniman. Tidak hanya sekadar lukisan yang ditampilkan dengan medium cat minyak, arang, cat akrilik, manik, dan sulam, namun pameran ini juga menyuguhkan pemikiran dari para seniman.

 

 

 

Baca Juga:

Sculpture Garden di Pura Mangkunegaran Surakarta

Titimangsa Kembali Sajikan Seri Di Tepi Sejarah

 

 

Mulai dari Clasutta, yang melukiskan pengalaman pribadi tentang rutinitas ke tempat kerja, lalu Zita Nuella yang melukiskan renungan introspektifnya hingga cara Tusita menghadapi kegaduhan pikirannya.

 

“Kami tergerak oleh frasa ‘Ad Maiora Natus Sum’ yang berarti ‘kita dilahirkan untuk mencapai hal-hal yang lebih besar’. Sebagai pendatang baru, kami sadar bahwa cita-cita besar kami di bidang seni rupa harus disertai dengan kegigihan. Selama setahun ini kami belajar menjembatani perbedaan dan mengasah kemampuan profesional kami dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang kami perbaiki secara konsisten.” ungkap Clasutta.

 

 

 

 

Ad Maiora sekaligus menutup rangkaian program inkubasi seniman Atreyu Moniaga Project: Mixed Feelings yang ketujuh. Proyek ini juga menandai satu dekade Atreyu Moniaga Project (AMP) sebagai sebuah inisiatif independen dengan misi untuk mendukung seniman muda memasuki dunia seni dan kreatif di Jakarta.

 

“Sebagai manusia, kita sering merasa cepat puas dan takut untuk memiliki ambisi besar karena kita merasa tidak punya kemampuan yang cukup,” ujar Atreyu Moniaga selaku penggagas AMP dan mentor.

 

Pameran ini turut melibatkan Nin Djani, Wilhemus Willy, Venerdi Handoyo, dan Joshua Agustinus sebagai kolaborator. Pameran Ad Maiora akan berlangsung selama tiga minggu mulai dari 13 Juli hingga 1 Agustus 2024. Pameran dibuka untuk umum dan tanpa biaya tiket masuk.(Agnes | Foto: Fikar Azmy)