Rewind Indonesia 2021: Potret Konten Kreatif Tanah Air

 

Sejak 2010, Youtube memulai program Youtube Rewind, yakni serial video tahunan yang menampilkan 50 video Youtube paling populer pada tahun tersebut. Tak mau kalah, para kreator Tanah Air pun turut membuat Rewind Indonesia pada 2014. Diunggah di kanal Eka Gustiwana, video berdurasi 2 menit 49 detik itu berisikan video paling banyak dilihat dari video musik hingga sketsa lucu paling populer di jejaring sosial.

 

 

Pada 2020 Youtube tidak lagi memproduksi Youtube Rewind akibat pandemi, dan akhirnya mengumumkan secara resmi menghentikannya pada Oktober 2021 silam. Namun, pembuat konten Tanah Air tetap meneruskan tradisi tersebut dengan meluncurkan Rewind Indonesia 2021. Sempat dijadwalkan ulang penayangannya, karena berbarengan dengan AFF Final 2021, video berdurasi 21 menit 21 detik ini dirilis pada hari Kamis, 30 Desember 2021.

 

Chandra Liow dan Aulion sebagai sutradara mengemas Rewind Indonesia 2021 dengan apik dalam bentuk film pendek. Tidak hanya menampilkan sederet peristiwa viral pada tahun ini, film tersebut juga menjadi pengingat atas kreativitas dan pencapaian para content creator.

 

 

Diinisiasi oleh Chandra Liow, Aulion, Jovial da Lopez, Natya Shina, Rendy Pritananda, dan Ferry Irwandi, Rewind Indonesia 2021 menampilkan Adinia Wirasti dan Muzakki Ramdhan sebagai pemeran utama dari film ini. Beserta 70 content creator lainnya, seperti Raditya Dika, Denny Sumargo, Jerome Polin, Ria Ricis, Arief Muhammad, Najwa Shihab, Cinta Laura, Maudy Ayunda, Anya Geraldine, dan masih banyak lagi.

 

 

Tidak itu saja, Rewind Indonesia 2021 juga mendapatkan dukungan dari Scarlett, brand lokal yang terkenal akan rangkaian produk skin care dan body care yang inovatif dan berkualitas. Scarlett melihat Rewind Indonesia 2021 sebagai wadah untuk menghasilkan karya yang kreatif. Dalam Rewind Indonesia 2021, para content creator juga mengangkat isu-isu yang menjadi perbincangan hangat di tahun ini. Beberapa di antaranya adalah krisis iklim dan pandemi. Rewind Indonesia 2021 juga menjadi wadah pencipta konten untuk bersuara melalui karya.