The Misfits Takeover Kolaborasi Beau Bakery & Flock Menuju Zero Food Waste

 

Menurut laporan Food Loss & Waste yang dikeluarkan Bappenas bekerja sama dengan Waste4Change tiap orang Indonesia menghasilkan 23-48 juta ton sampah setiap tahunnya. Di antara makanan yang paling banyak tersisa adalah sayuran dan buah-buahan yang tidak dapat terserap pasar..

 

Beau Bakery dan Flock yang bergerak di industri F&B sangat peduli dengan hal tersebut. Beau Bakery yang berbasis di Jakarta sebelumnya telah mempunyai program Food Surplus yang memberikan produk yang tidak habis terjual untuk diolah kembali demi mengurangi sampah makanan. 

 

Sementara Flock, restoran yang berfokus pada comfort food, telah memulai kampanye sosial Spread Loaf. Kampanye ini memanfaatkan keuntungan dari makanan berbahan roti untuk menyebarkan cinta bagi komunitas di sekitar Bali yang terdampak pandemi. Donasi diberikan dalam bentuk sembako atau makanan, dan diberikan kepada komunitas berbeda setiap bulannya untuk memaksimalkan efeknya.

 

Chef Putri dan Chef Michael

 

Beau Bakery dan Flock pun berkolaborasi menghadirkan The Misfits Takeover salah satunya dengan mengadakan Four Hands Dinner yang berlangsung dari 22-24 Juli 2022. Menyajikan empat menu yang diracik Chef Putri Mumpuni dari Beau Bakery dan Chef Michael Lamtara dari Flock.

 

Pertama, Urutan Hot Dog yang terdiri dari urutan balinese pork sausage, urap (sambal embel), base genep, brioche hot dog. Ada pula Bread & Butter yang merupakan artisan bread by Beau bakery, smoked gianduja butter, dan smoked butter yang dibakar menggunakan kayu kopi yang memberikan aroma khas.

 

Balinese Festive Pizza

 

Sajian ketiga adalah Burrata Pretzel yang cukup unik. Kalau biasanya pretzel roll berbentuk simpul, kini dibuat seperti bulatan dengan isian burrata cream. Dan menu terakhir adalah Balinese festive pizza khas Flock dengan topping urutan balinese pork sausage, mozarella, dan sambal matah.

 

BACA JUGA:

Thai Food With a Twist ala Greyhound Cafe Menteng

Gerai Kedua Café Kitsuné di PIK Avenue Jakarta

 

Bertujuan memberikan awareness dan pengetahuan tentang Food Waste Management, seluruh hasil penjualan akan didistribusikan untuk program donasi melalui Yayasan Budidaya Prestasi Kuliner. Acara santap malam di Kitchen Studio Beau Bakery ini mendapat animo yang cukup besar, terbukti 16 seat yang tersedia untuk setiap malamnya telah habis terjual.

 

Produk Flock lainnya yang tersedia di Beau Bakery