Makhluk Kloning dan Hybrid Di Instalasi Seni

Patricia Piccinini, seorang seniman asal Australia, menggelar pameran tunggal akbarnya bekerja sama dengan Institute for Culture Exchange. Mengusung tajuk ‘We Are Connected’ pameran ini menampilkan lebih dari 40 karya seni yang memadukan antara seni dan sains. Pada acara ini, pengunjung dapat melihat berbagai makhluk fantasi ciptaan Piccinini.

 

Beberapa di antaranya merupakan hewan hybrid, makhluk kloning, hingga cyborg. Ditampilkan dalam visual kegiatan sehari-hari, terdapat tujuh area yang di dalamnya memamerkan patung, instalasi, video, hingga kolase. Berbagai karya unik ini tercipta setelah Piccinini menghabiskan waktu selama 30 tahun untuk mengeksplorasi perkembangan hubungan antara manusia dan alam seiring dengan kemajuan bioteknologi, seperti rekayasa genetika.

 

Berbagai koleksi patung hewan hiper-realistis yang ditampilkan di pameran ini diciptakan melalui proses menggabungkan bahan silikon, gelas fiber, resin, cat otomotif, dan lain-lain. Salah satu karya yang ditampilkan berjudul ‘Embracing Life’. Terinspirasi dari flora dan fauna dari berbagai dunia, karya yang satu ini menyuguhkan sebuah dunia yang dipenuhi makhluk dan lanskap yang unik. Instalasi berukuran besar ini dipenuhi ‘sesuatu’ yang menyerupai hewan dan perangkap lalat Venus (tanaman karnivora) yang berjumlah lebih dari 3000 batang.

 

 

Baca Juga:

Art Jakarta 2022, Bangkitnya Dunia Seni Tanah Air

Pesona Wisata Alam Australia Barat

 

 

Selain itu, ada pula ‘Welcome Guest’ yang menampilkan sesosok makhluk seperti kukang dengan kuku tumpulnya yang sangat panjang. Berada di atas sebuah kasur, makhluk tersebut tampak bersama seorang anak perempuan yang pemberani dan seekor burung merak.

 

Di instalasi ini, kita diajak berkunjung ke dunia yang dihuni oleh berbagai makhluk aneh yang hidup berdampingan dengan manusia. Menampilkan sebuah senyum yang cantik, anak perempuan dalam karya ini memancarkan kehangatan yang jauh dari rasa takut.

 

Berlokasi di ArtScience Museum, Marina Bay Sands, Singapura, acara ini bisa disaksikan mulai tanggal 5 Agustus 2022 hingga 29 Januari 2023. Terdapat beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan selain menikmati karya seni buatan Piccinini. Salah satunya adalah membuat sendiri makhluk hibrida kecil dengan bahan-bahan yang telah disediakan dan bisa dibawa pulang sebagai buah tangan.