Peperangan Antara Manusia dan Artificial Intelligence

Beberapa Mengangkat isu yang sedang hangat di tengah masyarakat mengenai Artificial Intelligence (AI) dan potensinya yang dapat menjadi manfaat atau bahaya bagi umat manusia, 20th Century Studios, New Regency, dan Entertainment One mempersembahkan film sci-fi terbaru berjudul ‘The Creator’.

 

‘The Creator’ mengisahkan tentang pemeritah negara-negara barat yang melarang penggunaan AI setelah terjadinya sebuah bencana dahsyat, yakni Los Angeles yang dibumihanguskan oleh AI. Bencana tersebut merenggut jutaan nyawa dan merusak kota. Berbeda dengan negara barat, negara-negara di Timur terus mengembangkan teknologi tersebut. Bahkan, sampai pada titik robot dibuat serupa dengan manusia dan dianggap setara.

 

 

Baca Juga:

Roadtrip Menantang Jakarta - Surabaya Bersama Stargazer X

Jakarta Sneaker Hub 2023 Ajang Mencari Solemate

 

 

Berlatar di New Asia, perbedaan pendapat ini memicu perang antara Barat dan Timur. Cerita makin rumit ketika, Joshua (John David Washington), mantan agen pasukan khusus yang masih berduka atas kepergian istrinya (Gemma Chan), direkrut untuk memburu dan membunuh Nirmata.

 

Nirmata dipercaya sebagai sosok di balik pembuatan robot-robot dan senjata berbahaya. Joshua dan tim operasi elitnya melakukan perjalanan ke wilayah yang diduduki AI. Sayangnya, yang mereka temukan adalah AI dalam bentuk seorang anak kecil (Madeleine Yuna Voyles). 

 

 

 

 

 

Fakta menarik di balik ‘The Creator’

Salah satu yang menarik dari film ini adalah munculnya beberapa elemen dari Indonesia. Seperti beberapa lagu dari Golden Wing, band rock asal Indonesia yang tenar pada tahun 70-an. Lagu-lagu berjudul ‘Kasih Suci’, ‘Hanny’, dan ‘Hari Yang Mulia’ diputar di beberapa momen.

 

Tidak hanya itu, untuk memperkuat gambaran negara-negara Asia yang dikisahkan berperang dengan negara Barat, tim produksi melakukan perjalanan ke 80 lokasi di delapan negara berbeda, termasuk Thailand, Vietnam, Kamboja, Nepal, Jepang, Indonesia, Inggris (di luar Pinewood Studios London), dan AS (di Los Angeles).

 

Hal ini dilakukan agar lokasi cerita yang dipilih yaitu, Asia di masa depan tetap memiliki sisi autentik. Produser Jim Spencer bahkan merangkul talenta lokal, baik sebagai pemain maupun kru. 

 

Bergenre sci-fi, ‘The Creator’ dimainkan oleh sederet aktor dan aktris ternama seperti John David Washington, Gemma Chan, Ken Watanabe, Madeleine Yuna Voyles, dan lain-lain.