Graceful Modesty: Eksplorasi Ragam Wastra Nusantara UMKM Fashion Binaan Bank Indonesia

 

Menjadi rangkaian inisiatif Kelana Wastra Indonesia, Bank Indonesia mempersembahkan karya-karya UMKM binaannya yang berasa dari berbagai wilayah di Tanah Air. Bertajuk ‘Graceful Modesty’, acara diadakan pada Sabtu (27/04/2024) di Sarinah.

 

Ajang yang diselenggarakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini bertujuan mempromosikan dan mendukung industri modest fashion di Indonesia. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi bagian Road to Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2024 yang puncaknya akan diselenggarakan pada Oktober 2024.

 

Sekitar delapan desainer berbakat dari Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA) Indonesia, yang dikurasi oleh Bank Indonesia, memamerkan koleksi-koleksi mereka. Menampilkan sentuhan wastra Indonesia, koleksi-koleksi tersebut menyoroti kecantikan dan kekuatan dari modest fashion.

 

BACA JUGA:

Kelana Wastra Fashion Fest, Wujud Dukungan Kementerian BUMN untuk Industri Fashion Indonesia 

Wujudkan Impian Tampil Modis, Syakeph Official x AM Luncurkan Koleksi Kolaborasi

 

Salah satu brand yang berpartisipasi adalah Ageman EcoPrint dari Tangerang Selatan, Banten. Ageman muncul sebagai tanggapan terhadap permintaan yang makin meningkat akan fashion sadar lingkungan dan bahan baku yang bersumber dari sumber daya yang etis.

 

Anita T. Tanaem, Co-Founder dan Fashion Designer Ageman Ecoprint, menyampaikan, “Kami sangat antusias untuk memulai perjalanan ini menuju fashion yang berkelanjutan. Melalui teknik cetak ramah lingkungan yang unik dan desain inovatif kami, kami bertujuan untuk menginspirasi konsumen yang sadar akan lingkungan sambil memperjuangkan pelestarian lingkungan.”

 

Jenama lainnya, antara lain Ina Priyono KPw BI Prov. Jawa Tengah, Falasifa Indonesia KPw. BI Malang, Godho Batik KPw. BI Jember, Elly Virgo KPw. BI Prov Jawa Timur, Griya Abiyyu oleh Reny Andy KPw. BI Purwokerto, dan lainnya.

 

 

‘Graceful Modesty’ bertujuan memberdayakan desainer modest fashion lokal, memberikan platform untuk memamerkan bakat dan kreativitas mereka. Melalui acara ini, Bank Indonesia berharap dapat mendorong kompetensi di pasar domestik sambil mempersiapkan desainer untuk peluang ekspansi internasional.

 

Dengan mendukung para pengusaha modest fashion, Bank Indonesia bertujuan untuk memajukan keberlanjutan dan pertumbuhan industri tekstil untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat modest Fashion dunia.

 

Acara ini juga menandakan komitmen Bank Indonesia untuk menumbuhkan dan mempromosikan ekonomi kreatif Indonesia, memastikan pelestarian dan kemajuan dari kerajinan tradisional sambil merangkul inovasi dan modernitas, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.