Komitmen Tebarkan Kebaikan

Intan Ayu Kartika, Brand Director Danone-Aqua

Tidak banyak perempuan yang berani mengambil kesempatan untuk meningkatkan kariernya, seperti yang dilakukan Intan Ayu Kartika. Didukung lingkungan kerja yang sangat suportif terhadap kemajuan perempuan, sosok yang akrab disapa Intan ini berkomitmen untuk memberikan yang terbaik.

 

Mulai bergabung sejak Agustus 2007, dia tidak menyangka akan bertahan lama di perusahaan yang kemudian menyandang nama besar seperti Danone-Aqua. Sebagai sebuah brand, Aqua yang kini genap berusia 46 tahun telah dikenal masyarakat luas. Dia ditugaskan sebagai manajer pengembangan produk baru ketika itu, dan empat bulan kemudian, diangkat menjadi manajer brand Aqua sampai Juni 2009.

 

Peduli Lingkungan

Jabatan Intan sebagai manajer brand jelas menjadi tantangan besar bagi ibu beranak tiga ini. Dari sisi volume, merek yang dikelolanya merupakan produk minuman terbesar di Indonesia. Ditantang untuk mengimplementasikan program-program pemasaran agar semakin mengangkat brand tersebut. Dua di antaranya adalah Aqua Quality Commitment (AQC) dan Aqua Satu untuk Sepuluh.

 

Dia berkata, “Semua strategi yang diterapkan tentu saja telah melewati telaah yang mendalam. Mulai dari rencana pemasaran, evaluasi merek, diagnosis bisnis, hingga analisis ekuitas mereknya. Program Satu untuk Sepuluh yang dirumuskan sejak 2007, misalnya, berangkat dari hasil survei yang menemukan bahwa konsumen memandang penting ketersediaan air bersih sebagai prasyarat hidup sehat.”

 

Kemudian AQC yang dicanangkan pada 2008, merupakan serangkaian inisiatif menyangkut upaya untuk meningkatkan aspek dan atribut kualitas yang penting di mata konsumen. Mulai dari sumber, proses produksi, hingga penanganan produk ke tangan konsumen.

Sebagai manajer brand, Intan terlibat dalam setiap kampanye, terutama yang menginformasikan kepada masyarakat mengenai keterlibatan Aqua dalam menjaga lingkungan. Kesungguhan upaya tersebut terbukti dengan diterimanya penghargaan Wana Lestari dari Menteri Kehutanan pada 2009.

 

Sebagai bentuk aksi nyata komitmen #BijakBerplastik, Aqua membangun kolaborasi untuk berinovasi menciptakan produk kemasan 100% plastik daur ulang untuk Indonesia yang lebih bersih. (Nur A | Foto: Fikar Azmy)

 

 

Artikel lengkapnya dapat dibaca pada Majalah Women's Obsession edisi November 2019.