FLEI Edisi ke-21 Bahas Tren & Strategi Dunia Bisnis Waralaba 2024

 

Pameran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) resmi dibuka pada Jumat (13/10/2023) untuk para pengusaha, investor, dan para pencari peluang bisnis. Edisi ke-21 ini akan berlangsung hingga 15 Oktober 2023, di Jakarta Convention Center, Hall Assembly dan Merak.

 

Menjadi kesempatan untuk memanfaatkan berbagai jenis peluang bisnis yang beragam, FLEI diikuti lebih dari 200 brand dari berbagai industri yang berbeda. “FLEI bukan sekadar pameran waralaba biasa. FLEI juga merupakan platform untuk mengeksplorasi kemitraan, lisensi, sertai peluang reseller dan dropshipper yang menarik,” kata Royanto Handaya, Presiden Direktur Panorama Media.

 

Salah satu sorotan utama FLEI adalah kolaborasi dengan IDEACLOUD untuk seri konferensi GRAB RUN GROW. Konferensi ini akan membahas tren dan strategi baru dalam dunia waralaba yang berlaku bagi para franchisee dan juga franchisor.

 

BACA JUGA:

10 Musisi Papan Atas Indonesia Ramaikan Festival Musik Anak Senja

Gandeng Atlet Olimpiade Untuk Bentuk Mentalitas Anak Muda Makin Kuat

 

Tahun 2024 menjanjikan peluang bisnis yang luar biasa di Indonesia. Dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan potensi pertumbuhan yang besar, FLEI adalah tempat yang tepat untuk menjelajahi peluang bisnis yang tak terbatas.

 

”Indonesia adalah satu satu pasar terbesar di Asia Tenggara, maka dari itu FLEI adalah jendela yang tepat untuk memasuki pasar ini,” ucap Levita Ginting Supit, Ketua Komite Tetap Bidang Waralaba, Lisensi, Peluang Usaha & Networking Marketing, Kadin Indonesia.

 

Inovasi dan juga perkembangan bisnis terus diusahakan oleh seluruh stakeholders. Salah satunya adalah Kemendag yang merevisi aturan waralaba, surat tanda pendaftaran waralaba (STPW) yang seharusnya minimal lima tahun, sekarang sudah dipersingkat menjadi tiga tahun.

 

 

“Dengan syarat mendapatkan STPW yang dipersingkat, tidak ada lagi yang menghambat waralaba dalam negeri berkembang,” kata Tri Raharjo, Ketua Umum Perhimpunan Waralaba Lisensi Indonesia (WALI).

 

Evi Diah Puspitawati selaku Franchise Academy Indonesia (FAI), menyampaikan, “Kontribusi bisnis waralaba terhadap perekonomian itu cukup besar dan akan banyak membuka lapangan pekerjaan.”

 

Tidak hanya didukung oleh Kementerian Perdagangan, FLEI juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Beberapa brand IP License hasil binaan Kemenparekraf juga ikut serta.

 

BACA JUGA:

Buka Trade Expo Indonesia 2023 Jokowi Apresiasi Produsen Berdaya Saing

I2SPE 2023 Soroti Perihal Keberlanjutan dan Transformasi Digital

 

“FLEI adalah tempat yang tepat untuk mengenal lebih dekat potensi license dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan portfolio bisnis,” tambah IR. Rizki Handayani Mustafa, MBTM Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf.

 

Pameran ini diselenggarakan oleh Panorama Media dan didukung oleh WALI (Asosiasi Waralaba Lisensi Indonesia) serta Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia), Kemendag, dan juga Kemenparekraf. Panorama Media selaku penyelenggara sangat mempunyai impian untuk bisa menciptakan pameran yang memberikan peluang tanpa batas dan dapat mewujudkan bisnis impian masyarakat karena hal ini Pameran FLEI akan terus berinovasi.

 

“Harapan kami agar FLEI bisa menjadi wadah untuk para pelaku bisnis menambah wawasan, dan juga mengeksplorasi dan berinteraksi langsung dengan para tenant, serta juga menjalin hubungan bisnis yang berharga,” tutup Royanto.