Nikmati Kegiatan di Luar Ruangan Untuk Hindari Nature Deficit Disorder

Dikenal sebagai merek jam tangan untuk aktivitas luar ruangan, Garmin mengajak kita mendalami istilah gangguan defisit alam . Ungkapan ini digunakan untuk menggambarkan efek negatif yang ditimbulkan dari minimnya waktu beraktivitas di outdoor. Terlalu lama menghabiskan waktu di dalam ruangan, permasalahan ini akan berdampak buruk bagi kesehatan, baik fisik maupun mental.

 

Melansir data UNWTO, rata-rata masyarakat Indonesia meluangkan waktu untuk piknik hanya 2,6 kali setahun. Jumlahnya jauh lebih kecil dibandingkan negara-negara Asia lainnya, seperti Malaysia, Jepang, dan China. Padahal, beraktivitas di luar ruangan memiliki manfaat yang sangat besar.

 

Saat menghabiskan waktu di luar ruangan, suara alam dan kehadiran pepohonan yang menenangkan dapat membuat kita lebih rileks. Cara ini akan secara efektif melawan stres yang memicu gangguan nature deficit disorder. Selain itu, sensasi sinar matahari di kulit kita pun dapat meningkatkan kadar vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang dan imunitas tubuh.

 

 

Baca Juga:

Garmin Luncurkan Lily 2, Smart Jewelry yang Dilengkapi Fitur Terkini

Acer Meluncurkan Jajaran Lengkap Produk, Solusi dan Transformasi Platform Komunitas Insan Pendidik Guraru

 

 

 

Di sisi lain, kegiatan di luar ruangan juga membuka kesempatan untuk meningkatkan interaksi sosial. Menghabiskan waktu di alam bersama teman dan keluarga juga tidak hanya memperkuat hubungan, tetapi juga menciptakan kenangan yang berharga. Untuk terhindar dari nature deficit disorder, mulailah menikmati kegiatan di luar ruangan dan terhubung dengan alam. Berikut beberapa rekomendasi aktivitas yang mungkin bisa dipilih.

 

Yoga

Selain menikmati yoga di dalam kamar, mari kita ganti praktik yoga di luar ruangan. Seperti taman, pantai, atau cukup di halaman rumah. Nikmati udara segar dan mendengarkan suara alam akan membantu kita fokus ke laju pernapasan. Manfaatkan fitur pelacakan kalori, deteksi gerakan yoga, dan panduan animasi gerakan ketika melakukan olahraga ini di alam tanpa instruktur.

 

Shinrin-Yoku

Temukan relaksasi melalui teknik relaksasi yang terinspirasi dari tradisi Jepang dan terbukti dapat mengurangi stres secara ilmiah. Dilakukan dengan berjalan di alam bebas, gunakan fitur pelacak pernapasan pada smartwatch untuk mengamati bagaimana tubuh kita rileks dalam kenyamanan alam. 

 

 

 

 

Menyelam

Melihat keindahan bawah laut merupakan bentuk rekreasi tersendiri yang membutuhkan kemampuan dan peralatan khusus. Salah satu peralatan yang dibutuhkan untuk menyelam adalah dive comp yang dapat memberitahu berapa lama kita bisa bertahan di kedalaman tertentu tanpa risiko penyakit dekompresi dan bisa kembali ke permukaan dengan aman.

 

Bersepeda gunung

Merupakan olahraga sepeda off-road yang biasanya dilakukan di medan kasar, seperti gunung, gurun, atau bebatuan dengan sepeda gunung yang dirancang khusus. Ketika melakukan olahraga ini, sebaiknya kita menggunakan alat pelacak dengan sensor biometrik yang dikenakan sepanjang hari. Hal ini dilakukan agar dapat membantu kita bernavigasi, memaksimalkan latihan, dan memulihkan diri setelah beraktivitas.