Wakili Aspirasi dan Terus Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Ingrid Maria Palupi Kansil, Wasekjen DPP Partai Demokrat & ketua umum IPEMI

 

Mengawali kariernya di layar kaca, Ingrid Maria Palupi Kansil juga memiliki fokus yang besar terhadap kesejahteraan masyarakat. Menjadi wakil rakyat merupakan langkah yang dipilihnya untuk bisa menjadi penyambung lidah atas setiap aspirasi yang ingin disampaikan. Oleh karena itu, dia pun memilih terjun ke dunia politik sejak belasan tahun silam. Pernah dipercaya menjadi wakil rakyat, Ingrid kini kembali mencalonkan diri kembali di daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat VI yang meliputi Kota Depok dan Bekasi pada periode 2024-2029 mendatang.

 

Berbagai langkah telah diambil perempuan yang kini menjabat sebagai Wasekjen DPP Partai Demokrat ini. Salah satunya adalah gencar menyambangi daerah-daerah di dapilnya tersebut. Baginya, dia tidak hanya ingin dikenal sebagai seorang wakil rakyat. Tetapi, dia juga ingin mengenal masyarakat yang ada di dapilnya, agar mengerti apa saja yang mereka perlukan. Dari setiap pertemuan yang dilakukan, Ingrid percaya akan terbangun kedekatan emosional yang menjadi ikatan antara masyarakat dengan wakilnya yang berada di parlemen.

 

BACA JUGA:

Kepedulian yang Tinggi Terhadap Masyarakat

Tingkatkan Kompetensi UMKM

 

Mengikuti acara penanaman pohon di wilayah Bekasi menjadi aksi nyata yang dilakukannya. Selain untuk terjun langsung mendukung masyarakat dalam kegiatan positif, hal ini juga dilakukan untuk bertatap muka dengan masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut. Dia ingin menyerap aspiarsi masyarakat, mengetahui permasalahan yang terjadi, serta mendengarkan masukan-masukan yang diberikan warga. Dia membuktikan bahwa dirinya tidak menutup diri dari segala hal yang ingin disampaikan oleh para konstituennya.

 

Mengenal dunia politik yang menyita waktu dan perhatian, Ingrid berani memutuskan untuk kembali melenggang ke panggung pemilihan setelah mendapatkan restu dari sang suami tercinta, Syariefuddin Hasan atau yang lebih dikenal dengan Syarief Hasan. Dia mengatakan, “Saya ditugaskan Partai Demokrat turun menjadi caleg DPR RI lagi. Ini amanah dan harus dijalankan. Paling penting pencalonan saya ini Insya Allah di-support suami. Tanpa dukungannya jadi tidak berkah.”

 

 

Di sisi lain, selain menjalankan perannya di dunia politik, Ingrid Kansil memiliki kepedulian pula terhadap dunia UMKM Tanah Air. Dia masih terus aktif sebagai Ketua Umum Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI). Berada di bawah kepemimpinanya, anggota organisasi ini bahkan tersebar di belasan negara. Beberapa di antaranya berada di Turki, India, Rusia, Saudi Arabia, Jepang, Belgia, Korea Selatan, dan lain-lain. Berbagai kegiatan rutin digelarnya bersama organisasi yang berusia tujuh tahun ini.

 

Baru-baru ini, Ingrid dan IPEMI menggelar acara menarik yang melibatkan para anggotanya di salah satu mall di kota Depok. Bertajuk ‘IPEMI Vaganza Gold & UMKM’, acara ini diselenggarakan dalam rangka merayakan HUT Ke-78 Republik Indonesia. Selain itu, acara yang menjadi agenda tahunan ini merupakan komitmen dari IPEMI Pengurus Daerah (PD) Depok untuk membantu para anggota mempromosikan produk-produk unggulan.

 

BACA JUGA:

Siapkan Generasi Digital untuk Bersaing di Kancah Global

Tingkatkan Layanan Untuk Customers Experience yang Memuaskan

 

“Alhamdulillah dengan kondisi seperti sekarang, teman-teman mulai bangkit kembali dan saya lihat produk maupun inovasinya perlu dipertahankan dan terus dimaksimalkan lagi. Masih banyak muslimah atau perempuan Depok yang memang perlu kita edukasi. Buka mindset-nya supaya berani untuk melakukan kegiatan usaha. Dalam hal ini adalah home industri untuk menopang ekonomi keluarga. Serta salah satu upaya membantu pertumbuhan ekonomi di Depok,” ujarnya dengan semangat.

 

Tidak hanya di Kota Depok, Ingrid juga terus mendorong anggota IPEMI di wilayah lain untuk semakin banyak menciptakan produk unggulan. Ekonomi Nasional pada kuartal pertama tahun 2023 sebesar pada 5%, Ingrid yakin bahwa pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut bisa mendorong dan memberikan kontribusi yang signifikan. Meskipun demikian, dia berharap para pengusaha perempuan tidak melupakan tugasnya di rumah sebagai seorang ibu. Dia menambahkan, “Ini saya sangat apresiasi sekali. Tidak melupakan konsentrasi utama kita sebagai seorang ibu.” Indah | Dok. Pribadi