SOS Children’s Villages Indonesia Kembali Galakkan Charity Run

SOS Children's Villages Indonesia kembali menghadirkan gelaran Run To Care 2024, ajang lari amal yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Kali ini, rute yang dipilih untuk ajang lari ultra-marathon adalah Bandung-Lembang. Tepat pada tanggal 9 hingga 11 Agustus 2024 mendatang, Bandung akan menjadi titik awal perjuangan para pelari demi misi kebaikan #DimulaiDariKeluarga.

 

Melalui kegiatan ini, SOS Children's Villages mengajak para pegiat olahraga lari untuk mengambil bagian dalam misi kebaikan demi kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak Indonesia. Pelari akan mengayuh satu kota dan lima kabupaten di Jawa Barat, yaitu Kota Bandung, Kabupaten Sumedang, Subang, Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat, untuk mencapai garis finis di SOS Children's Village Lembang.

 

Kasus penelantaran anak masih menjadi masalah sosial di Indonesia dan tak jarang teratasi, salah satunya di daerah Jawa Barat. KemenPPPA mencatat sebanyak 22.122 bayi lahir mati pada tahun 2019, angka tersebut merupakan yang tertinggi di antara provinsi lain baik di dalam maupun luar Pulau Jawa. Menanggulangi masalah tersebut, pemerintah telah menargetkan penurunan jumlah anak dan bayi terlantar sejak 2019 hingga tahun 2025 mendatang.

 

 

Baca Juga:

Tips Memilih Pengharum Ruangan yang Aman dan Tepat

MST Golf Indonesia Hadirkan Ritel Golf Premium Pertama di Indonesia

 

 

Meskipun demikian, masih diperlukan upaya penanganan yang sistematis dan terintegrasi. Diperlukan pula dukungan serta kerja keras bersama dalam menyelesaikan permasalahan pengasuhan yang tidak layak pada anak di Indonesia. Oleh karena itu, SOS Children's Villages Indonesia terus berkomitmen memberikan pengasuhan dan pemenuhan hak anak yang #DimulaiDariKeluarga demi mewujudkan Indonesia Layak Anak 2030 dan Indonesia Emas 2045.

 

“Nilai-nilai tradisional dalam pengasuhan dari tanah Sunda yang kita kenal dengan 'Asah, Asih, Asuh' juga diterapkan demi pemenuhan hak anak. Tidak hanya memenuhi kebutuhan pokok, tetapi juga mendapat kasih sayang, pengasuhan, dan teladan yang baik dari orang dewasa ketika tumbuh dewasa,” jelas Gregor Hadi Nitihardjo selaku National Director SOS Children’s Villages Indonesia (10/7/2024).

 

Ia melanjutkan, “Selama delapan tahun menyelenggarakan Run to Care, kami bersyukur sekali akan mendukung para sahabat yang berlari, berdonasi, mendukung misi kebaikan ini sehingga anak-anak dapat melihat perjuangan orang-orang yang mencintai mereka.”

 

 

 

 

Para pelari dapat memilih dua pilihan, yakni bergabung secara offline maupun virtual. Tersedia tiga kategori, yakni 150 Km, 100 Km, dan Relay 50 Km. Tahun ini, Run To Care 2024 akan digelar bersama 308 pelari offline dan 193 pelari virtual (per 10 Juli 2024).

 

Pendaftaran Run To Care 2024 untuk acara offline telah ditutup pada 10 Juni 2024 melalui situs runtocare.com dan mendapat sambutan antusias dari para pelari hingga mencapai 308 pendaftar. Sementara, pendaftaran lari virtual dibuka pada 10 Juni hingga 31 Juli 2024 dengan mengunduh aplikasi 99 Virtual Race di App Store atau Play Store. Periode lari virtual dimulai pada 1 Juli 2024 dan akan ditutup bersamaan dengan lari offline Semarang-Yogyakarta pada 21 Agustus 2024.

 

Menyusul kampanye Run To Care sejak tahun 2021 lalu, Sianti Candra, salah satu pelari trail berprestasi Indonesia, menuturkan, “ Anda tidak punya alasan untuk bersikap baik . Kita tidak perlu mencari alasan untuk membantu orang lain, terutama anak-anak. Saya bahkan berterima kasih kepada SOS Children's Villages, karena dengan adanya Run to Care, saya dapat berkontribusi melalui hobi saya.”

 

(Indah | Foto: Edwin B.)